Senin, 11 Oktober 2010

PSM UAJY Gelar Konser Dies Natalis ke-45 “This is My All”

Minggu (26/9), PSM UAJY mengadakan konser paduan suara bertajuk “This Is My All”, dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Universitas Atma Jaya Yogyakarta ke-45 di Gedung Taman Budaya Yogyakarta – Societet Militer. Kali ini, PSM UAJY tidak sendirian. Marching Band Atma Jaya Yogyakarta dan Orkes Mahasiswa ISI turut memeriahkan sebagai pengiring untuk beberapa lagu. Sajian lagu-lagu yang dibawakan juga sangat bervariasi, mulai dari lagu-lagu pop, gospel spiritual, sacra, folksong, sampai rock.

Konser kali ini dibagi ke dalam 3 fragmen. Fragmen pertama menggambarkan situasi dunia yang carut-marut, dengan mengangkat isu-isu faktual seperti terorisme, perang, dan bencana. Lagu-lagu yang dibawakan pun bernuansa kritik sosial, dan didukung pentas teatrikal oleh KBT KOBAR. Fragmen kedua muncul sebagai pengharapan. Kali ini giliran lagu-lagu perenungan yang diangkat, menggambarkan manusia yang mencari Tuhan dalam situasi yang sulit. Fragmen ini dipuncaki dengan sorak-sorai pujian bagi cinta Tuhan. Fragmen ketiga adalah puncak perayaan. Sajian Folksongs Parade mengawali dengan meriah. Parade ini merupakan kolaborasi antara seni Paduan Suara, seni tari tradisional, dan seni musik etnis yang dimainkan oleh mahasiswa Etnomusikologi ISI. Sajian parade lagu adat ini meliputi lagu adat Jawa, Bali, Dayak, Papua, dan Batak yang dinyanyikan medley dan dimeriahkan oleh tari-tarian.

Tidak hanya sentuhan tradisional yang dingkat dalam selebrasi ini. Cinta, semangat persaudaraan, aktualisasi diri, dan kebersamaan juga turut dirayakan lewat lagu-lagu yang dibawakan dengan berbagai iringan dan suasana. Konser This Is My All melambangkan totalitas dalam berkarya, dan cermin daya kritis intelektual dan harapan akan kehidupan yang lebih baik, melalui sebuah sajian seni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar