Jumat, 21 Mei 2010

Terbayar sudah..

Bahagia, sumringah dan penuh ucapan syukur, itulah yang dirasakan oleh Paduan Suara PSM UAJY. Setelah keberhasilan mereka meraih Juara 1 di kategori umum pada LPS USM VI yang diadakan di Universitas Semarang, 20 Mei 2010 kemarin.
Tim yang beranggotakan 34 orang, yang diconduct oleh Irene Vista ini berangkat ke Semarang pada hari Rabu, 19 Mei 2010. Kami pun telah bersiap-siap di kampus Bona Aventura untuk berdoa bersama. Selama perjalanan, bus diisi oleh candaan teman-teman PSM UAJY. Ada yang tidur, ada yang menghabiskan cemilan satu orang untuk bersama, ada yang mendengarkan musik, dan ada juga yang berfoto-foto ria. Sampai di Semarang, sekitar jam 20.00, kami telah sampai di penginapan, yang boleh dikatakan sangatlah sederhana. 1 kamar diisi oleh 5-6 orang.
Setelah diberi waktu makan malam, kami diizinkan untuk istirahat sebentar, sambil menunggu Mbak Vista dan rombongan kecil lainnya sampai di wisma. Setelah mereka sampai, kami mulai untuk latihan kecil, untuk memantapkan setiap lagu, khususnya bagian-bagian nada yang sering ditakuti oleh sebagian anggota.
Setelah latihan dan mendapat pengarahan dari Mbak Vista dan Mas Dedi, kami pun segera masuk ke kamar masing-masing untuk beristirahat, karena besok kami harus bangun Jam 04.00 Subuh. Sangat pagi bukan?? ;) Tetapi yang ada ketika kami masuk kamar, masing-masing dari kami sebagian besar sangat susah tidur. Hal ini disebabkan karena ada teman-teman yang memang insomnia, ada yang ngerjain tugas ujian untuk UAS, dan karena KEPANASAN. Di luar boleh hujan, tapi di dalam kamar rasanya semuk sekali.. Tapi kami tetap bertahan karena perasaan semacam ini hanya berlangsung 1 malam saja.

20 Mei 2010.
Semua tim make up dan kostum telah bangun dan bersiap-siap untuk mendandani para tim. Make up dan alat-alat pendukung seperti cermin, hairdryer, pengeriting rambut telah disiapkan di Aula wisma. Making up pun dimulai. Para anggota terlihat sangat berbeda. Perempuan dengan gaun ungunya yang seksi, dan para pria dengan kemeja putih yang dihiasi dasi ungu sangat terlihat elegan.
Sambil menunggu dandanan selesai, beberapa teman ada yang sarapan dengan wajah 'sudah dihias' Setelah semuanya selesai, maka kami pun memulai vocalizing dan latihan 2 lagu yang akan dibawakan. Vocalizing hari itu dilakukan di lapangan yang diterangi oleh matahari yang sedang bersinar terang.

Setelah vocalizing, kami pun bersiap-siap untuk segera berangkat ke tempat lomba. Sampai di sana, kami langsung diarahkan oleh LO untu segera duduk di POS 1. Kami cukup menunggu lama, karena saat itu No.undian 1 sedang memberikan terbaiknya. Setelah team 1 selesai, maka kami pun diantar ke POS 2, di mana POS 2 adalah tempat kami untuk latihan dan pemanasan lagu. Kami sempat mencoba lagu Renungan dengan musik yang diiringi oleh mbak Arlin. Saat lagu selesai dinyanyikan, terlihat airmata jatuh dari mata Pak Andre, seorang dosen sekaligus alumni PSM UAJY yang saat itu juga berada di situ. Selanjutnya kami dibawa ke POS 3, di mana kami tidak boleh bersuara, karena POS 3 berada di belakang panggung, tepatnya di luar gedung. Sempat ada ketegangan yang terlihat saat kami bersiap-siap di belakang panggung. Tetapi kami saling menguatkan dan menenangkan bahwa semuanya akan berjalan dengan lancar dan baik.

The show go on..
Kami berusaha untuk tenang dan tidak grogi. Walaupun pada saat itu, penonton yang ada bisa dihitung dengan jari. Mbak Vista pun mulai memberi kode untuk lagu Dendang Paduan Suara. Ia sempat juling pada kami. Ini supaya kami tetap tersenyum tawa dan merasa tidak tegang. lagu kedua dan ketiga pun dinyanyikan. Saat-saat terakhir lagu dinyanyikan, beberapa dari kami tidak kuasa menahan tangis karena benar-benar menghayati lagu ini. Semua selesai sudah. Kami telah bernyanyi 3 lagu. dan penonton pun memberikan applausenya. Kami pun sempat berfoto dan keluar dari panggung. Saat di luar, teman-teman yang tadinya menahan air mata pun, langsung menangis bahagia karena merasa telah benar-benar tersentuh dengan lagu tersebut. ada Harapan yang besar dan kepuasan yang kami rasakan. kami pun berdoa bersama. Saling bergandeng tangan. Dan mengucap syukur untuk setiap apapun yang sudah kami lewati. Kami hanya bisa berserah karna Juri yang menentukan segalanya.

Sempat berfoto-foto di samping gedung, kami pun naek ke bus dengan perasaan lega. Kami jadi lebih bisa mengekspresikan ungkapan senang kami dengan bernyanyi kembali lagu-lagu yang sebelumnya sangat membuat kami takut.
Sampai sudah di wisma, kami mulai membereskan pakaian dan barang-barang yang akan dibawa pulang ke Jogja. Sambil menunggu yang lain, kami disuguhi makan siang. Beberapa dari kami makan Mie ayam, yang kebetulan ada di depan wisma kami :p
Setelah perut kenyang, kami pun naik ke bus. Dan melanjutkan perjalanan ke tempat beli oleh-oleh. selama 1 jam kami diberi kesempatan. Setelah 1 jam berlalu, teman-teman sudah banyak yang menenteng plastik oleh-oleh. Perjalanan kami pun dilanjutkan, dengan Tujuan Yogyakarta. Selama perjalanan, banyak teman-teman yang tidur pulas karna rutinitas yang capek mulai dari persiapan sampai kepulangan. Di tengah-tengah perjalanan pun, hujan pun turun, menambah suasana dingin di bus.

Setelah hampir 4 jam lebih, kami duduk di bus, akhirnya kami sampai juga di kampus 3. Dan kembali berdoa bersama. Setiap persoalan dan usaha kami pun kami bawa dalam doa. Kami yakin bahwa hasilnya nanti Tuhan yang atur dan bekerja. kami hanya bisa tetap berdoa dan tetap rendah hati apapun hasilnya.

Malam-malam sekitar 22.33 wib, sms dari Mbak Vivi masuk ke HP kami masing-masing dengan isinya,
"Teman2 proficiat bt juara 1 perti LPS Semarang. Bsk kumpul d audit jam 5 ya. qta mau doa syukur atas kemenangan kita.he5x.God bless all."

Sungguh puji Tuhan karna akhirnya kami boleh berada di peringkat pertama. Sungguh luar biasa karya Tuhan pada kami. Perjuangan dan kerja keras kami mencari dana dan latihan setiap hari dibayar dengan kemenangan ini. :) Rasa kebersamaan yang makin kuat ketika kami harus menghadapi beberapa pergumulan mungkin secara pribadi, yaitu masalah kesehatan. Tapi Tuhan sungguh luar biasa.

Biarlah PSM UAJY tetap rendah hati dan terus memuji dan memuliakan Tuhan. Biarlah setiap pujian kami hanya ditujukan kepadaMu Tuhan. Biarlah setiap keringat dan kerja keras kami panjatkan hanya kepadaMu. Semoga ini jadi awal pacuan kami untuk kompetisi-kompetisi berikutnya. Kami yakin ini baru awal. Dan masih banyak yang harus kami lakukan. Kami tidak akan pernah berhenti selama mulut kami masih dapat bernyanyi. Karena hanya Engkau yang dapat mengambilnya. Trimakasih Tuhan. Terimakasih untuk segala rencanaMu. WE really love to sing!